Jumat, 01 April 2011

Mencari dan menginstall driver toshiba untuk Windows XP

Disini saya akan menuliskan seputar pengalaman saya menginstall driver PC Toshiba ke Windows XP karena mungkin sebagian dari kita yang mempunyai PC yang relatif baru dengan merk toshiba mengalami masalah dalam instalasi suatu driver untuk Windows XP. Oiya, sebenarnya cara yang saya tulis ini juga bisa digunakan ke PC lain dengan merk lain. Oke, pertama sediakan driver yang akan di install tersebut. Kalau anda belum mengetahui driver yang dibutuhkan atau device (elemen seperti processor, VGA, webcam) yang anda
gunakan, silahkan buka start -> Run -> ketik "dxdiag" tanpa tanda petik, atau coba lihat postingan saya yang lalu di http://computopia-net.blogspot.com/2011/01/cara-mengetahui-dan-mencari-driver-pada.html Kedua pastikan driver yang akan anda install tersebut benar-benar driver yang diperuntukkan suatu device yang anda gunakan karena saya sendiri tidak mau tanggung jawab atas kerusakan yang terjadi seperti blank, crash pada OS, hingga blue screen. Tetapi kalau cara ini dilakukan dengan benar tentu saja akan sangat bermanfaat, berguna bagi PC dan anda sendiri. Ketiga contohnya saja kita akan menginstall driver VGA ATI Radeon toshiba pada Windows XP: kalau semua yang ada di atas sudah disiapkan install driver VGA ATI Radeon tersebut seperti biasa, restart, lalu bukalah device manager, klik 2x pada icon VGAnya, akan muncul jendela baru. Setelah itu klik tab yang bertuliskan details, klik update driver, jangan pilih search automatically, tapi pilihlah yang ada embel-embel browse. Lalu akan disuruh memilih lagi apakah akan dicari secara otomatis dari harddisk oleh PC atau anda sendiri yang akan memilihkan. Nah, karena cara yang akan saya posting kali ini adalah cara force, pilihlah yang let me pick bla bla bla saya gak hafal, lalu karena yang akan saya install adalah driver VGA maka pilihlah display adapters, lalu klik have a disk, browse, bukalah folder tempat software driver VGA tadi terinstall, biasanya kalau ATI Radeon ada di C:/ATI/...hotfix.../Packages/Drivers/Display/W7_INF -> lalu carilah file dengan format .inf, lalu open, OK, setelah itu pilihlah VGA apa yang saat ini sedang dipakai oleh PC anda, lalu next, yes, kalau proses instalasi sudah selesai finish. Supaya lebih amannya segeralah restart PC anda, selesai deh, driver telah terinstall dengan benar. Kalau anda bingung dengan cara saya diatas silahkan comment saja, saya dengan senang hati akan menjawab semua pertanyaan anda, terima kasih :).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar