Senin, 07 Maret 2011

Membuka dan menggunakan iso/image tanpa membakar ke CD/DVD

Oke dah, kita langsung bahas saja seperti judul diatas.
Sebenarnya trik ini sudah lumayan lama, tapi mungkin karena jarangnya orang-orang menggunakan trik ini membuat kita tidak mengetahui software yang sangat membantu ini, terutama bagi orang-orang yang suka install macam-macam software atau games yang mungkin hanya bisa di install melalui CD/DVD.

Hmm sebenarnya banyak sih software untuk melakukan ini, tapi kali ini saya hanya akan merekomendasikan 1 software saja. Karena dari berbagai software seperti ini yang pernah saya coba, banyak yang bisa menimbulkan masalah. Mulai dari SP yang tidak memenuhi syarat, tidak bisa di uninstall, hingga sampai menimbulkan crash / blue screen pada OS.
Nama software yang saya rekomendasikan ini adalah "Virtual Clone Drive". Pada saat instalasi, software ini akan membuat virtual CD/DVD Drive, dimana nantinya file iso/image yang akan kita pakai dibuka didalam CD/DVD Drive virtual.

Download "Virtual Clone Drive"

Petunjuk instalasinya sangat mudah dan cepat. Ikuti saja petunjuk yang ada, dan pada saat kita ditanya format apa saja yang akan dimasukkan dalam kategori image tinggal centang saja semuanya. Setelah itu ikuti lagi petunjuk selanjutnya.
Selesai instalasi, jika disuruh restart, restart saja. Selesai, mulai sekarang hanya dengan klik kiri 2x pada file image / .iso yang kita inginkan kita bisa membuka / menggunakan file image itu tanpa harus diburning dahulu ke dalam CD/DVD blank, sedangkan untuk mengeluarkan file image dari virtual disc hampir sama seperti saat kita sedang menggunakan CD/DVD asli tinggal klik kanan saja pada virtual disc, lalu pilih eject.
Bagi teman-teman yang masih bingung / kurang paham silahkan comment saja, dengan senang hati saya akan menjawab semua pertanyaan teman-teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar