Senin, 24 Januari 2011

Cara Mengetahui dan Mencari Driver Pada PC / Laptop

Berikut saya akan membahas cara mencari driver pada PC / Laptop.
Bagi sebagian orang yg sudah mempunyai CD driver PCnya pastilah hal ini bukanlah masalah. Tapi bagaimana dengan orang yg mungkin tidak mempunyai CD driver PCnya ? pastilah akan sangat membingungkan. Cara ini juga bisa dipakai pada laptop / netbook.

Oke,, langsung aja,,,

Pertama bukalah device manager.
Kedua apabila memang ada driver yang belum terinstall / terinstall dengan benar akan muncul icon - icon dengan lambang segitiga berwarna kuning disertai tanda seru di tengahnya, Itu tandanya device / hardware belum terdeteksi dengan benar (belum terinstall driver).
Setelah itu klik kanan pada icon - icon kuning tadi, bagi yg mempunyai akses internet pada PCnya bisa dgn menggunakan cara klik “update driver software” lalu pilih “search automatically for updated driver software”
PC akan mencari drivernya sendiri melalui internet dan menginstallnya secara otomatis.
Nah, kalau bagi yang tidak mempunyai akses internet atau apabila cara online tadi tidak berhasil, masih ada cara lain.
Dengan klik kanan pada icon kuning tadi, terus pilih properties, terus buka tab details, lalu klik saja pilihan yg ada di bawah tulisan property, pilih hardware ids, akan muncul susunan huruf dan angka seperti contoh:

PCI\VEN_1180&DEV_E230&SUBSYS_FFC81179&REV_01

Kalau diperhatikan ada tulisan VEN itu adalah singkatan dari kata Vendor dan DEV untuk Device, catat baik - baik nomor VEN dan DEV seperti contoh pada VEN :1180 dan DEV :E230
Setelah itu buka website www.pcidatabase.com
Disitu akan muncul kolom - kolom, kita isi kolom dengan nama vendor seperti pada nomor VEN, lalu device seperti pada DEV, Terus klik “search”.
Akan muncul rincian nama vendor (produsen) dan devicenya (nama hardware)
Seperti contoh “Ricoh PCIe Memory Stick Host Controller”
Lalu di atasnya ada tulisan chip description, klik saja, akan muncul rincian - rincian dari device tersebut sehingga kita bisa tahu driver seperti apa yang akan kita cari, kalau beruntung akan ada link URL untuk download drivernya.
Tapi kalau tidak ada jangan khawatir, pasti ada link URL website dari vendornya, buka aja websitenya sehingga kita bisa mencari drivernya langsung dari websitenya.
Bisa juga dengan cara buka website devid.info lalu copy paste 1 baris kode pada hardware ids tadi, terus klik ok, akan muncul link download drivernya. Pilih yg sesuai dgn OS yang kita gunakan.
Jika cara - cara diatas masih tidak berhasil juga bisa dengan cara search di google menggunakan nama device yg kita cari drivernya.

Sekian tips dari saya cara mendapatkan driver PC tanpa CD/DVD Driver.
Bagi anda yang mempunyai kesulitan atau bingung dengan cara saya di atas bisa langsung comment saja.

2 komentar:

  1. iya ni bang, sebelumnya saya agak bingung untuk mencari driver, tapi saat saya coba usulannya... pas dengan keinginan saya. maksih banget.
    saya juga mau minta tolong ni. gi mana ya cara mencari serial number di internet... mohon bantuannya... maksih sebelumnya.
    tolong bls di email ku. makasih lagi bang.

    BalasHapus
  2. maaf baru bisa bales,,, hehe lama gk buka email,,

    hmm itu pake software,,,
    kecil kok,, cuma 1,3 mb,,,
    ni link downloadnya,,,

    http://www.ziddu.com/download/14328946/Craagle4.0.rar.html

    nanti tinggal dipilih dulu,, mau cari crack, serial number, atau cover,,,
    nah kalau sudah di centang,, tulis dh nama software yg pengen dicari crack, serial number, atau covernya,, trus search,,, :)

    BalasHapus